ri minangka cabange kesenian, tumrap seniman mujudake salah sawijining wadhah ungkapan ide lan gagasan-gagasane seniman mau. Kanthi ngetrapake kemampuan lan dhaya kreatife seniman mau nyusun gerak nganti manut konsep lan imajinasine, ngolah gerak nganti wujud apa kang diarani tari.
Bp. Sudarsono ing bukune Tari-Tarian Indonesia I nerangake menawa sing diarani tari yaiku Ekspresi jiwa manungsa kang diungkapake liwat gerak sing teratur lan indah. Amarga gerak mau dianggep minangka elemen dhasar utawa medium pokok tumrape tari. Dadi ana gerak, senadyan ora nganggo iringan iku wus bisa diarani tari. Mula ora mokal yen seniman mau milang-miling milih gerak nganti njlimet kanggone susunane tarine. Luwih-luiwh tari tradisi, ora saben gerak bisa dienggo, amarga tari tradisi mono wus duwe waton waton sing ora bisa ditinggal ngono bae.
Ing tari tradisi, wiwit saka posisi sikil, posisi awak, posisi tangan, nganti posisi sirah, digatekake lan diatur banget. Saben perangan tari duwe waton dhewe-dhewe lan ing antarane perangan siji lan sijine duwe waton sing ora padha. Waton kanggo tari putri, tari alus, lan tari gagah kuwi ora padha. Senadyan waton-waton mau dirasa ora ketat banget nanging tumrap seniman tari tradisi kemantebane waton mau isih dirasa kuwat. Sajak kurang manteb manawa ngalanggar waton mau senadyan sithik pisan, ananging ora ateges nutup kemungkinan kanggo pangembangan tari tradisi mau. Pangembangan tari tradisi mau dibutuhake banget kareben budhaya Jawa tetep kuncara.
Hasta Sawanda
Kaya wus kacetha ing ngarep manawa seni tradisi iku duwe waton sing dienggo pathokan, semono uga tari tradisi. Waton-waton sing dienggo tumrap tari tradisi iku sing diarani Hasta Sawanda. Para penari sing durung ngetrapake hasta sawanda kena diarani durung sempurna, isih ana kegothangan anggone madeg dadi penari. Hasta Sawanda mono bisa dijlentrehake kaya katrangan ing ngisor iki:
1. Pacak
Pacak iku bisa diarani cak-cakan. Dadi penari kudu duwe cak dhewe-dhewe lan bisa ngecak liyane. Kanthi mangkono penari bakal duwe ciri cak sing manteb lan mapan.
2. Pancat
Pancat iku mujudake perpindhahan gerak siji menyang gerak liyane. Luwih cethane seleh gerak utawa singget. Penari kudu ngetrapake pancat kareben gerak tarine ora nglawus.
3. Ulat
Ulat padha karo polatan. Polatan iku warna-warna, ana polatan luruh, polatan longok, polatan agal, lll., kabeh duwe aturan dhewe-dhewe. Penari kudu ngerti ulat supaya bisa milahake karakter tari siji lan sijine.
4. Lulut
Penari ngono gerake kudu lulut, mbanyu mili. Dadi wis katon ora mikir maneh marang gerak kang ditindhakake.
5. Luwes
Luwes iku hubungane karo besus. Yen panari wis wiwit manggung kudu nampilake awak kanthi besus utawa solah. Ora teges luwes iki gerake sing alus, ora nanging uga bisa gerake sing kasar pisan.
6. Wilet
Wilet iki ana hubungane karo kembangan utawa sekaran. Penari bisoa duwe wilet sing kepenak lan masing-masing penari mesthi duwe wilet dhewe-dhewe, kabeh gumantung ana keprigelan lan rasa mapane penari mau.
7. Irama
Penari kudu ngerti irama lan seleh iringan. Dadi rasa seleh gendhing lan iringan sing dienggo tari mau kudu dikuwasani.
8. Gendhing
Penari kudu bisa ngrasakake gendhing sing dienggo iringan tari mau. Kanthi mangkono penari luwih bisa menjiwai tari mau.
Hasta sawanda iki tumrape penari tradisi Jawa mujudake sangu kang kudu diduweni saben penari. Gandare penari tradisi sing apik kalawan wus bisa ngetrapake Hasta Sawanda. Kanthi katrangan sing singkat iki muga bisa nambah wawasan lan cakrawala tumrap para sutresna.
Kacuplik saking kalawarti Jayabaya
Bahasa indonesia
Hastha Sawanda
Dalam tari gaya Surakarta dikenal konsep hastha sawanda (delapan prinsip penyajian tari), yakni konsep untuk menunjuk kriteria bagi seorang penari. Apabila dijabarkan konsep hastha sawanda itu sebagai berikut:
Pacak, mengacu pada penampilan fisik penari yang sesuai dengan bentuk dasar atau pola dasar dan kualitas gerak tertentu, sesuai dengan karakter yang dibawakan. Pacak pada pokoknya mengenai sikap dasar, posisi tubuh, posisi lengan, tangan, dan kepala,
Pancat, mengacu pada gerak peralihan yang telah diperhitungkan secara matang, sehingga enak dilakukan dan dilihat. Pancat pada dasarnya merupakan aturan mengenai gerak tungkai dan gerak ujung kaki dalam berpindah tempat.
Ulat, mengacu pada pandangan mata dan ekspresi wajah sesuai dengan karakter peran yang dibawakan serta suasana yang diinginkan. Sikap dasar arah pandang mata bagi penari putri terbatas pada dua sampai lima langkah kaki dan mengarah ke bawah.
Lulut, mengacu pada gerak yang menyatu atau melekat dengan penarinya, seolah-olah gerak yang dilakukan tidak dipikirkan lagi. Yang hadir dalam penyajian tari bukan pribadi penarinya, melainkan keutuhan tari yang disajikan. Keutuhan tari merupakan perpaduan antara gerak, iringan, dan karakter tari yang diwujudkan.
Luwes, adalah kualitas gerak yang sesuai dengan bentuk dan karakter tari yang disajikan. Penari mencapai kualitas gerak tanpa canggung, selalu rapi, tenang, dan menyenangkan. Luwes berarti mampu atau terampil bergerak secara sempurna dan menimbulkan kesan yang menyentuh penonton.
Wiled, adalah garap variasi gerak, atau pengembangan pola gerak yang ada berdasarkan kemampuan penari.
Wirama, mengacu pada hubungan gerak dan iringan tari, dan alur tari secara keseluruhan.
Gendhing, menunjuk pada penguasaan iringan tari, meliputi : bentuk-bentuk gendhing, pola tabuhan, rasa lagu, irama, tempo, rasa seleh, kalimat lagu, dan juga penguasaan tembang / vokal.
Tingkatan kemampuan seseorang sebagai penari Pemula, Madya, atau Utama, ditentukan oleh kriteria yang tercakup dalam hasta sawandha itu dengan bobot yang berbeda. Untuk penari Pemula dan Madya, misalnya, belum dituntut wiled.
Tingkatan Kepenarian
A. Penari Pemula
Aspek-aspek yang menentukan seseorang sebagai penari Pemula adalah: harus hafal urut urutan sebagai berikut :
1. Urutan vokabuler atau susunan koreografi,
2. Tempat atau gawang/pola lantai,
3. Posisi hadap,
4. Lintasan pola lantai,
5. Sikap adeg yang diperagakan,
6. Irama gerak dan irama iringan,
7. Teknik gerak tubuh,
8. Teknik gerak kaki dan tungkai,
9. Teknik gerak lengan dan kepala.
A. Penari Pemula
Aspek-aspek yang menentukan seseorang sebagai penari Pemula adalah: harus hafal urut urutan sebagai berikut :
1. Urutan vokabuler atau susunan koreografi,
2. Tempat atau gawang/pola lantai,
3. Posisi hadap,
4. Lintasan pola lantai,
5. Sikap adeg yang diperagakan,
6. Irama gerak dan irama iringan,
7. Teknik gerak tubuh,
8. Teknik gerak kaki dan tungkai,
9. Teknik gerak lengan dan kepala.
B. Penari Muda
Aspek-aspek yang menentukan seseorang sebagai penari Muda adalah :
Aspek-aspek yang menentukan seseorang sebagai penari Muda adalah :
Hafal
1. Urutan vokabuler atau susunan koreografi,
2. Tempat atau gawang/pola lantai,
3. Posisi hadap,
4. Lintasan pola lantai,
5. Sikap adeg yang diperagakan .
1. Urutan vokabuler atau susunan koreografi,
2. Tempat atau gawang/pola lantai,
3. Posisi hadap,
4. Lintasan pola lantai,
5. Sikap adeg yang diperagakan .
Benar
1. Bentuk dan garis gerak,
2. Ukuran volume gerak yang sesuai,
3. Penyesuaian gerak dan irama serta pengaturan tempo,
4. Tempat atau gawang dan posisi hadap,
5. Pandangan (polatan) yang sesuai dengan tuntutan/aturan,
6. Pola lantai sesuai dengan yang digariskan,
7. Teknik gerak kaki dan tungkai, seperti: junjungan, lumaksana, srisig, trecet, kengser.
8. Teknik gerak lengan, tangan, dan jari, seperti: menthang, ngambeng, bapang, kinantang,
merentang-lurus.
9. Teknik gerak kepala, seperti: gedheg, pacak gulu, ganil, gelo, gebes, geleng, gambul.
10. Teknik gerak badan atau torso, seperti: membungkuk, horisontal, frontal, dan vertikal (nggrodha,
angronakung, durantinanggi, leyek, leyot ).
11. Patrap atau kemapanan gerak atau tafsir terhadap karakter peran yang disajikan.
12. Sikap adeg yang dilakukan.
13. Penjiwaan karakter atau pasemon, atau cara nyengguh karakter peran/tokoh ke dalam “rasa”
penghayatan.
14. Pengungkapan atau ekspresi, atau greget melalui gerak dan raut muka.
1. Bentuk dan garis gerak,
2. Ukuran volume gerak yang sesuai,
3. Penyesuaian gerak dan irama serta pengaturan tempo,
4. Tempat atau gawang dan posisi hadap,
5. Pandangan (polatan) yang sesuai dengan tuntutan/aturan,
6. Pola lantai sesuai dengan yang digariskan,
7. Teknik gerak kaki dan tungkai, seperti: junjungan, lumaksana, srisig, trecet, kengser.
8. Teknik gerak lengan, tangan, dan jari, seperti: menthang, ngambeng, bapang, kinantang,
merentang-lurus.
9. Teknik gerak kepala, seperti: gedheg, pacak gulu, ganil, gelo, gebes, geleng, gambul.
10. Teknik gerak badan atau torso, seperti: membungkuk, horisontal, frontal, dan vertikal (nggrodha,
angronakung, durantinanggi, leyek, leyot ).
11. Patrap atau kemapanan gerak atau tafsir terhadap karakter peran yang disajikan.
12. Sikap adeg yang dilakukan.
13. Penjiwaan karakter atau pasemon, atau cara nyengguh karakter peran/tokoh ke dalam “rasa”
penghayatan.
14. Pengungkapan atau ekspresi, atau greget melalui gerak dan raut muka.
C. Penari Madya
Aspek-aspek yang menentukan seseorang sebagai Penari Madya adalah:
Aspek-aspek yang menentukan seseorang sebagai Penari Madya adalah:
Patrap.
1. Pacak atau kemapanan gerak atau tafsir atas karakter tokoh atau peran.
2. Sikap adeg/ tanjak/ kaki dan detail gerak yang dilakukan.
3. Kemapanan dan kekuatan pandangan atau polatan.
1. Pacak atau kemapanan gerak atau tafsir atas karakter tokoh atau peran.
2. Sikap adeg/ tanjak/ kaki dan detail gerak yang dilakukan.
3. Kemapanan dan kekuatan pandangan atau polatan.
Kualitas Gerak.
1. Greget/dinamik/intensitas.
2. Ke-luwes-an (besus atau bregas).
3. Ke-lulut-an atau keyakinan bergerak, tidak ragu-ragu, atau mbanyu mili (mengalir dalam alur geraknya).
1. Greget/dinamik/intensitas.
2. Ke-luwes-an (besus atau bregas).
3. Ke-lulut-an atau keyakinan bergerak, tidak ragu-ragu, atau mbanyu mili (mengalir dalam alur geraknya).
Karakterisasi.
1. Penjiwaan karakter atau pasemon, atau cara nyengguh karakter peran/tokoh
ke dalam penghayata.
ke dalam penghayata.
2. Pengungkapan atau ekspresi atau greget yang terungkap melalui raut muka termasuk kekuatan
antawecana (dialog dan monolog).
antawecana (dialog dan monolog).
Wiled.
Variasi atau kembangan atau wiledan atau ornamentasi.
Variasi atau kembangan atau wiledan atau ornamentasi.
Improvisasi.
1. Kemampuan menafsir kualitas gerak.
2. Kemampuan menafsir tempo dan irama.
3. Kemampuan mengolah ruang.
4. Kemampuan mengungkapkan isi.
5. Kemampuan menjelajahi properti (bila menggunakan) atau kemampuan mengeksplorasi setting.
1. Kemampuan menafsir kualitas gerak.
2. Kemampuan menafsir tempo dan irama.
3. Kemampuan mengolah ruang.
4. Kemampuan mengungkapkan isi.
5. Kemampuan menjelajahi properti (bila menggunakan) atau kemampuan mengeksplorasi setting.
Penguasaan Ruang.
1. Kemampuan mengantisipasi atau merespon ruang.
2. Kemampuan mencapai posisi atau pola lantai.
1. Kemampuan mengantisipasi atau merespon ruang.
2. Kemampuan mencapai posisi atau pola lantai.
Irama.
1. Kemampuan menyesusaikan cepat atau lambatnya laya atau irama termasuk penerapan vokal/tembang,
2. Kepekaan rasa seleh gerak dalam musik dan tari, termasuk kepekaan atas karakter dan vokal/tembang,
3. Ke-mungguh-an irama dalam karakter gerak dengan karakter peran/tokoh (seperti mrenjak tinaji,
ngganggeng kanyut, nujah, nungkak atau mungkus) termasuk ketepatan laras vokal/tembang.
1. Kemampuan menyesusaikan cepat atau lambatnya laya atau irama termasuk penerapan vokal/tembang,
2. Kepekaan rasa seleh gerak dalam musik dan tari, termasuk kepekaan atas karakter dan vokal/tembang,
3. Ke-mungguh-an irama dalam karakter gerak dengan karakter peran/tokoh (seperti mrenjak tinaji,
ngganggeng kanyut, nujah, nungkak atau mungkus) termasuk ketepatan laras vokal/tembang.
D. Pembagian Gaya Tari
Tari gaya Surakarta terbagi menjadi tiga kelompok berdasarkan karakter geraknya, yaitu:
* Gagah,
* Alus, dan
* Putri.
* Gagah,
* Alus, dan
* Putri.
Setiap karakter tersebut masih dikelompokkan lagi berdasarkan watak peran atau tokoh yang diwujudkan dengan pola gerak dasar tayungan. Tayungan adalah bentuk dan pola lumaksana (berjalan) untuk putra gagah, alus, dan putri, termasuk pola gerak penghubungnya seperti: sabetan, ngigel, besut, ombak banyu, srisig, sindhet-kiri, dan sindhet-kanan. Dalam perkembangan selanjutnya, istilah tayungan dikenal dengan rantaya, yang merupakan singkatan dari rante taya atau paran taya. Rante taya merupakan jalinan yang menyatu dalam tari, sedangkan paran taya merupakan pegangan sebagai bekal untuk menari. Dengan demikian, tayungan atau rantaya lebih berfungsi sebagai dasar tari gaya Surakarta.
E. Kualitas Kepenarian
Adanya berbagai kualitas gerak yang terdapat pada tari gaya Surakarta, memunculkan berbagai kriteria kemampuan penari. Secara umum, kemampuan seorang penari tari gaya Surakarta dibedakan menjadi tiga, yaitu:
* Penari Pemula,
* Penari Muda,
* Penari Madya.
Adanya berbagai kualitas gerak yang terdapat pada tari gaya Surakarta, memunculkan berbagai kriteria kemampuan penari. Secara umum, kemampuan seorang penari tari gaya Surakarta dibedakan menjadi tiga, yaitu:
* Penari Pemula,
* Penari Muda,
* Penari Madya.
Sebagai penari pemula, seseorang mungkin mempelajari beberapa karakter tari, misalnya tari gagah dan tari alus, atau tari alus dan tari putri. Akan tetapi semakin tinggi tingkatan kepenariannya, seseorang akan mendalami satu karakter tari saja. Sebagai contoh, S. Maridi lebih mantap menjadi penari gagah, walaupun kadang-kadang ia juga menari karakter alus. Wahyu Santosa Prabawa lebih mantap menari karakter alus, walaupun pada awalnya lebih banyak menari gagah, sedangkan Sunarno kini mantap menari gagah, walaupun pada awalnyalebih banyak menari alus.
Adanya spesialisasi dalam kepenarian itu, maka profesi penari dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu:
* Penari Gagah,
* Penari Alus,
* Penari Putri.
* Penari Gagah,
* Penari Alus,
* Penari Putri.
Masing-masing karakter itu terbagi lagi menjadi karakter-karakter yang lebih rinci atau perwatakan yang lebih khusus. Misalnya untuk karakter gagah dapat dibedakan antara karakter Cakil, Raksasa, Duryudana, Gatutkaca, Dursasana, dan Burisrawa. Namun demikian, pada dasarnya kemampuan seorang penari dapat dilihat dari aspek wiraga (berkaitan dengan kemampuan fisik), wirama (berkaitan dengan kepekaan musik atau karawitan sebagai iringan tari), dan wirasa (berkaitan dengan penjiwaan atau penghayatan tari).
No comments:
Post a Comment