SELAMAT DATANG SAHABAT !!!!

HARI INI KITA "HARUS" LEBIH BAIK DARI HARI KEMARIN.



SAUDARA FACEBOOK-KU YOUTUBE GOOGLE + FLICKR-KU DISPENDIK WEB KEPRESIDENAN KEMDIKNAS
TENTANG SEKOLAH NISN PEMBERITAHUAN MUSIUM RAPOR ONLINE SITE UNESCO SITUS UNICEF

KLICK ANGKA UNTUK GANTI BACKGROUND

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24

SKALA PETA

Bermain Matematika Skala Peta

Pada kesempatan kali ini, kami coba berikan permainan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang setelah adik-adik menjalani Ulangan Kenaikan Kelas. Bahan-bahan permainan ini sangat mudah dan tentu sudah dipunyai adik-adik dan tersedia di rumah. Bahan-bahan tersebut adalah :
1. Peta/Atlas
2. Mistar
3. Benang
4. Alat tulis

Mudah bukan mendapatkannya? Ok kakak tunggu kalian menyiapkan bahan-bahan tadi. Nah, kalau sudah siap, coba dibuka peta apa saja boleh Pulau Jawa, Sumatra, dll. Atau boleh juga peta propinsi. Sebagai contoh kakak akan membuka peta Propinsi Jawa Barat. Skala pada peta Jawa Barat tersebut adalah 1 : 1.750.000. Artinya apa? tentu kalian pasti ingat bahwa setiap 1 cm mewakili 1.750.000 cm atau 17,5 Km. Silahkan kalian mencatat skala peta masing-masing yang digunakan. Ok? Jika sudah ambil benang secukupnya. Setelah benang siap, coba diurutkan pada jalan antar kota yang akan diurutkan. Kakak akan mencoba mengukur jarak Kota Bekasi dan Bandung. Mulai kita urutkan benang dari kota Bekasi, Tambun, Lemahabang, Karawang, Klari, Cikampek, Purwakarta, Padalarang, Cimahi dan Bandung.   Setelah itu silahkan benangnya diberi tanda, selanjutnya kita rentangkan di atas mistar. Untuk peta yang saya gunakan ternyata panjang benang kurang lebih 7 cm. Nah selanjutnya kita tinggal mencari jarak sesungguhnya dengan persamaan matematika.

Nah ketemu angka 12.250.000 dalam satuan cm. Jika dibuat dalam satuan Km maka akan menjadi 122,5 Km. Nah mudah bukan? 

Jarak tersebut hanya perkiraan saja dibutuhkan ketelitian peta yang lebih baik untuk mendekatkan dengan jarak sebenarnya.Silahkan dicoba mengukur jarak kota-kota yang lain dan selamat belajar.


No comments:

Post a Comment