SELAMAT DATANG SAHABAT !!!!

HARI INI KITA "HARUS" LEBIH BAIK DARI HARI KEMARIN.



SAUDARA FACEBOOK-KU YOUTUBE GOOGLE + FLICKR-KU DISPENDIK WEB KEPRESIDENAN KEMDIKNAS
TENTANG SEKOLAH NISN PEMBERITAHUAN MUSIUM RAPOR ONLINE SITE UNESCO SITUS UNICEF

KLICK ANGKA UNTUK GANTI BACKGROUND

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24

LINGKUNGAN DAN EKOSISTEM

Lingkungan Dan Ekosistem

Lingkungan Air
Materi lingkungan dan ekosistem ini terdapat pada bab keseimbangan lingkungan. Agar lebih memudahkan belajar maka akan kami jadikan 2 sub bab pembahasan, yaitu yang pertama Lingkungan dan ekosistem dan yang kedua Aktifitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan. 

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita dan semua yang terdapat di sekitar makhluk hidup. Di dunia ini ada dua macam lingkungan, yaitu : 


1. Lingkungan Abiotik adalah lingkungan terdiri dari segala sesuatu yang tidak hidup. Yang termasuk lingkungan abiotik antara lain: suhu, air, cahaya, kelembaban, angin dan sebagainya. 
2. Lingkungan Biotik adalah lingkungan yang terdiri dari segala sesuatu yang hidup. Yang termasuk lingkungan biotik antara lain padang rumput, hutan, padang lumut dan lain-lain. 

Ekosistem adalah satu kesatuan komunitas dengan lingkungannya. Dalam ekosistem terjadi interaksi antara komunitas sebagai komponen biotik dan lingkungan sebagai komponen abiotik. satuan makhluk hidup dimulai dari : 

1. Individu, yaitu satuan makhluk hidup tunggal misalnya seekor kucing, seekor kambing, sebuah tanaman padi, sebuah tanaman kelapa. 
2. Populasi, kumpulan dari individu yang sama, contoh sekumpulan kambing, sekumpulan tanaman padi. 
3. Komunitas, yaitu kumpulan beberapa populasi yang berbeda, contoh komunitas sawah disitu terdapat belalang, padi, semut, wereng, gulma, rumput. 

Terdapat hubungan timbal balik antara komponen biotik dan komponen abiotik, coba perhatikan ilustrasi berikut. Seekor sapi digembalakan di tengah padang rumput. Padang rumput tersebut memiliki beberapa jenis tanaman perdu. Sinar matahari diperlukan oleh rumput dan tanaman perdu untuk berfotosintesis sehingga mengahsilkan makanannya sendiri dan oksigen. Oksigen diperlukan bernafas oleh sapi dan mengeluarkan karbondioksida. karbondioksida diperlukan tumbuhan untuk berfotosintesis. sapi memerlukan rumput untuk makanan. tetapi juga mengeluarkan kotoran yang merupakan pupuk alami bagi rumput. 

No comments:

Post a Comment